Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wartawan Ikuti Pelatihan Hidroponik dan Menanam Tanaman Pangan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 21 Juni 2022 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pelatihan tentang optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga yang digelar Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kotawaringin Barat (Kobar) disambut antusias dan hujan pertanyaan dari puluhan wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kobar, Selasa 21 Juni 2022.

Para wartawan yang menjadi peserta dalam kegiatan yang digelar di Kantor PWI Kobar, Jalan Sutan Syahrir Pangkalan Bun, penasaran mengenai tata cara menanam tanaman pangan seperti sayuran secara efektif dan efisien.

Materi dan dilanjutkan dengan praktek dasar hidroponik serta menanam tanaman sayur buah, yang disampaikan oleh petugas DKP Kobar rata-rata sudah dipraktekkan dalam keseharian para wartawan di pekarangan rumah.

Seperti yang diungkapkan oleh Danang salah seorang wartawan yang turut serta dalam kegiatan ini.

"Tips dan trik cara menanam serta bagaimana mengatasi permasalahan tanaman bisa kami diskusikan langsung. Bahkan apa yang harus dilakukan bila menemukan hama pada tanaman dan cara mengatasinya juga disampaikan dengan jelas," ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan Yusro salah seorang wartawan yang turut dalam pelatihan ini. Menurutnya dengan menanam sayuran dan tanaman sayur buah seperti cabe atau tomat di rumah, ia bisa melepaskan stress akibat beban kerja.

"Meskipun tidak banyak, tapi cukup untuk stok sayuran konsumsi di rumah. Walau demikian, agar tamaman bisa tumbuh dan hasilnya maksimal, tentunya diperlukan pengetahuan dalam hal perlakuan tanaman mulai dari masa tanam hingga panen," ujarnya.

Usai kegiatan, para wartawan juga mendapatkan bibit tanaman beserta pupuk yang sudah disediakan DKP Kobar agar ilmu yang didapatkan bisa dipraktekkan langsung di rumah. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru