Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OPD Diharapkan Gali Pontensi PAD di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 24 Juni 2022 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menilai, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang ada di kabupaten berjuluk Bahaum Bakuba ini sangat tinggi.

"OPD diharapkan mampu menggali potensi PAD untuk mendanai program dan kegiatan yang tidak terakomodir," kata Bupati saat memimpin apel di Setda Lamandau, Jumat, 24 Juni 2022.

Ia berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tak hanya terpaku pada anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten dalam pembiayaan program dan kegiatan pembangunan.

Dengan kemampuan APBD kabupaten yang terbatas, lanjut bupati, tentu tidak semua program dan kegiatan bisa terakomodir menyeluruh. Maka dari itu, untuk membantu mengatasinya, bisa dengan memanfaatkan anggaran pemerintah pusat seperti APBN.

 "Dan juga mendorong peran dunia usaha yang berinvestasi di Lamandau melalui program tanggung jawab sosial perusahaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Hendra meminta masing-masing perangkat daerah bisa lebih kreatif dan inovatif, agar pembangunan di Lamandau bisa tetap terlaksana secara optimal meski dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Ia juga meminta, melalui pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) masing-masing perangkat daerah serta pihak terkait lainnya, aktif memberi masukan.

"Sehingga rencana pembangunan pada berbagai sektor, meliputi infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya bisa terlaksana dengan baik serta menyesuaikan skala prioritas kebutuhan masyarakat," tandas Bupati. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru