Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Maluku Barat Daya Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Virus Tetelo Serang Unggas di Palangka Raya

  • Oleh Hendri
  • 24 Juni 2022 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Renson melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), Sumardi mengatakan, saat ini, virus Newcastle Disease (ND) atau penyakit Tetelo sedang menyebar di wilayah setempat.

"Penyakit tersebut biasanya memang mewabah pada saat musim peralihan seperti saat ini. Sama seperti manusia, perubahan cuaca akan mudah memicu terserang flu. Demikian pula pada unggas," katanya, Jumat, 24 Juni 2022.

Penyakit tersebut, lebih sering menyerang hewan unggas ayam dengan gejala klinis seperti terkena pilek (hidung berair dan tersumbat), mengorok, sayap turun lemas terkulai, kaki terseret, sampai kepala terkulai atau melipat.

Pada unggas muda, serangan ini dapat segera berakhir dengan kematian, sedangkan pada unggas dewasa, kematian biasanya terjadi dua sampai tiga hari setelah gejala pertama kali terlihat.

"Penyakit ini sangat berbahaya bagi ternak dan mudah menular. Satu saja yang terinfeksi maka mampu menulari satu kandang, apabila tidak segera ditangani," bebernya.

Karena penyakit Tetelo ini disebabkan oleh virus, maka langkah yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan memperkuat imunitas hewan ternak melalui vaksinasi.

"Segera pisahkan ternak yang sakit, agar tak menulari kawanan ternak yang lain. Juga jangan lupa untuk rutin memberikan vitamin ataupun vaksinasi kepada ternak untuk meningkatkan imun mereka, serta menghindari kerugian bagi para peternak," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru