Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penanganan Infrastruktur Jangan Bergantung Pada Anggaran Pemerintah

  • Oleh Naco
  • 26 Juni 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Pardamean Gultom, mengaku agar penanganan infrastruktur tidak hanya bergantung dari kucuran anggaran pemerintah saja. 

Namun ada langkah lain yang bisa dilakukan agar jalan yang dianggap sebagai objek vital itu bisa ditangani secara cepat.

Salah satunya adalah jalan lingkar selatan yang semestinya mendapatkan perhatian tidak hanya dari pemerintah kabupaten, pemerintah provinsi namun juga pihak perusahaan.

Gultom menyebut jalan lingkar selatan hingga saat ini tidak pernah beres pemerintah menanganinya. Adapun yang diperbaiki sangat sedikit padahal itu adalah akses vital untuk angkutan.

Akibatnya akses jalan itu tidak fungsional secara maksimal. Seandainya jalan lingkar ini bisa maksimal sebagaimana mestinya, maka angkutan - angkutan besar tidak lagi melewati jalan di dalam kota.

"Selama ini pemerintah kesulitan menertibkan angkutan melebihi tonase, mereka masuk Kota Sampit, memang kondisinya rusak parah, jangankan kendaraan besar lewat yang pakai roda dua saja harus hati - hati,” katanya, Minggu, 26 Juni 2022.

Gultom berharap, ada prioritas pembangunan jalan itu baik itu dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Pemkab Kotim pun bisa mengambil alih perbaikan jalan itu, jika pemerintah provinsi tidak bisa segera menanganinya.

“Bisa saja diambil alih kabupaten untuk penanganannya. Daripada terkatung - katung belum ada kejelasan kapan bisa ditangani pemprov,” tukasnya.

Diperkirakan sepanjang 1.700 meter jalan di lingkar selatan yang menghubungkan Jalan Jenderal Sudirman menuju ke  Jalan HM Arsyad.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu, Pemkab kotim sudah menganggarkan untuk perbaikan jalan tersebut, dan sudah dilakukan. Namun, menurutnya pihak Dinas Pekerjaan Umum Provinsi dalam hal ini tidak bisa lepas tangan.(NACO/B-5)

Berita Terbaru