Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Palangka Raya Rakornas Adeksi di Bandung

  • Oleh Hendri
  • 28 Juni 2022 - 18:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kota Palangka Raya mengikuti rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) II Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) di Kota Bandung. Kegiatan dilaksanakan mulai 27-29 Juni 2022.

Kegiatan ini mengambil tema "Deteksi Dini Korupsi Pembangunan di Daerah, Panduan Pengawasan Bagi DPRD". Acara juga dirangkaikan dengan seminar nasional yang bekerjasama dengan Sekolah Pasca Sarjana Perbanas Institut.

Ketua Umum Adeksi sekaligus Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto menilai upaya pencegahan tindak korupsi dalam langkah pembangunan daerah perlu dilaksanakan oleh seluruh lini, termasuk lembaga DPRD melalui fungsi pengawasan.

"Sebagai wujud konsistensi terhadap fakta integritas pejabat daerah saat pelantikan sebagai anggota DPRD, maka kami harus mampu menjadi contoh sebagai bagian institusi pemerintah yang bebas dari korupsi," katanya, Selasa 28 Juni 2022.

Dengan demikian, melalui Rakornas II Adeksi ini juga mampu menjadi sarana bagi lembaga DPRD Kota untuk menumbuhkan mentalitas sebagai pejabat negara yang anti korupsi, dimulai dengan meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran sebagai pejabat yang akan membawa masa depan bangsa.

"DPRD juga memiliki 3 fungsi yang ada pada anggota DPRD yaitu Legislasi, Penganggaran, dan Pengawasan. Ketika 3 fungsi tersebut dijalankan dengan maksimal maka tidak akan ada kasus korupsi yang terjadi. Dalam forum ini juga kami ingin memperkuat peran dan fungsi kami dalam hal pengawasan," sebut Sigit. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru