Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kata Bupati Sakariyas Saat Hadiri Konferda PWI Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 30 Juni 2022 - 07:10 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Konferensi Daerah atau Konferda ke VII Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Kabupaten Katingan memilih kepengurusan baru digelar di Aula BPKAD, Rabu,  29 Juni 2022.

Pembukaan konferda PWI Katingan ini dihadiri Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama mewakili Bupati Sakariyas. 

Pada kesempatan ini Ahmad Rubama yang membacakan sambutan Bupati Katingan mengatakan dirinya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Katingan mengucapkan selamat kepada jajaran pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan.

Aspirasi perjuangan wartawan dan pers Indonesia, kata Ahmad Rubama,  memperoleh wadah dan wahana yang dikenal sejak saat ini, yakni Persatuan Wartawan Indonesia sejak tanggal 9 Februari 1946 dan hingga saat ini. 

Peran pers khususnya PWI dalam kiprah perjuangannya sangat relevan untuk dipertahankan.

"Dan kami sebagai pemerintah daerah sangat terbantu dengan adanya organsiasi PWI sebagai mitra pemerintah. Saya berharap kedepan peran dan fungsi PWI Kabupaten Katingan agar lebih dimantapkan lagi," ujarnya. 

Di era globalisasi dan otonomi saat ini diperlukan keterlibatan dan partisipasi masyarakat untuk membangkitkan semangat pembangunan. 

"Saya berharap dalam pemberitaan atau penyebaran informasi kepada masyarakat  dapat lebih mengutamakan kepentingan daerah dan bangsa. Jangan sampai informasi yang disampaikan salah ditangkap oleh masyarakat dari fakta kejadian yang sebenarnya," katanya. 

Pasalnya sebuah informasi yang bakal dibuat berita perlu cek and ricek kebenarannya, dan berita yang disajikan harus seimbang serta perlu dilakukan kofirmasi dalam setiap kejadian kepada sumber-sumber kompeten sebelum berita yang dibuat wartawan menjadi konsumsi publik.

Sehingga tidak menimbulkan opini yang salah  dii masyarakat.

Kondisi tersebut merupakan tantangan sekaligus peluang bagi PWI untuk dapat meningkatkan kualitas pemberitaan yang akan disampaikan kepada masyarakat. 

"Hal ini tentunya menandakan wartawan menjadi kreatif dan berkualitas bahkan masyarakat pun cerdas menerima informasi dengan tuntutan perkembangan zaman di era keterbukaan arus informasi teknologi saat ini," tambah Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama.

Adapun konferda PWI Katingan ini menghasilkan,  yakni Ketua PWI Katingan terpilih, Suwandi Trismayadi alias Ancu.  Sementara sekretaris Jeri dan bendahara Annas Rullah serta Ketua SIWO Suseno Arianto. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru