Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Ruas Jalan di Kobar Terendam Banjir, Jembatan Jebol

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juni 2022 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Hujan dengan intensitas tinggi melanda Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Akibatnya, sejumlah ruas jalan penghubung terendam banjir. Tidak hanya itu, jembatan antardesa dan kecamatan juga jebol.

Diketahui, banjir melanda sejumlah kecamatan di Kotawaringin Barat. Di antaranya, wilayah Kecamatan Arut Selatan, Kotawaringin Lama, Arut Utara, Pangkalan Lada dan Pangkalan Banteng.

Camat Pangkalan Banteng, Indra Wardana menuturkan, untuk wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng yang terdampak di Sungai Hijau. Kemudian, di sejumlah titik ruas jalan ada air sungai yang meluap hingga membuat air naik ke atas aspal. Kondisi itu menggangu aktivitas warga.

"Untuk yang putus jalannya di Jalan Aspek Km 25 wilayah Desa Sungai Kuning menuju Kecamatan Arut Utara," ujar Indra, Kamis, 30 Juni 2022.

Sementara itu, lanjut Indra, daerah lain juga terdampak. Yakni di Desa Sungai Kuning yang jalannya juga terkena limpasan air sungai. Warga sementara ini diimbau mencari alternatif jalan lain seperti jalan perkebunan sawit.

"Walaupun masih bisa dilintasi, saya mengimbau kepada warga untuk tetap berhati-hati melintasi jalan yang terkena limpasan air, karena cukup berbahaya. Alangkah baiknya untuk mencari jalan alternatif," tandasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Barat, Syahruni mengatakan, saat ini, tim BPBD Kobar masih melakukan groundcheck ke lokasi-lokasi yang terdampak banjir.

"Dampak dari intensitas hujan yang cukup tinggi juga telah membuat jembatan di Desa Pandu Sanjaya, Pangkalan Lada terputus," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir juga merendam permukiman di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara. Kemudian di Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan. Selain itu juga ruas Jalan Pangkalan Bun - Kotawaringin Lama, Km 30 yang turut terkena limpasan air. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru