Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Atasi Banjir di Pangkalan Banteng, Dewan Kobar Sarankan Normalisasi Sungai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juni 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah mendengar terjadi banjir di wikayah Kecamatan Pangkalan Banteng, Anggota DPRD Kotawaringin Barat langsung meninjau ke lapangan, Kamis, 30 Juni 2022.

Anggota dewan yang terdiri dari Dapil III tersebut diantaranya, Sri Lestari (Gerindra) Alman Riansyah (PDIP) dan Sutiyana (Golkar) melakukan peninjauan salah satunya di Desa Sungai Bengkuang, Kecamatan Pangkalan Banteng.

"Banjir ini karena meluapnya air sungai di Desa Bengkuang dan tidak bisa langsung mengalir ke Sungai Berasau, karena terjadi pendangkalan dan perlu dilakukan normalisasi," kata Sri Lestari saat dikonfirmasi Borneonews.

Sri mengungkapkan banjir yang terjadi di wilayah Kecamatan Pangkalan Banteng itu karena meluapnya air sungai, karena debit air dari hulu yang cukup besar tidak dapat langsung ke muara.

"Jadi, di hulu sungainya itu sudah dinormalisasi karena ada Replanting Sawit dari perusahaan. Namun, untuk hilirnya hingga muara tidak dinormalisasi, sehingga saat hujan 1 atau 2 jam saja maka air meluap dan membanjiri lahan sawah bahkan rumah warga," ungkapnya.

Sehingga, untuk langkah selanjutnya pihaknya beserta anggota dewan yang lain, akan melakukan koordinasi dengan pihak perkebunan  yang ada di sekitar desa-desa di Pangkalan Banteng dan juga Arut Utara, untuk mengatasi persoalan tersebut.

"Kita akan duduk bersama-sama, berkoordinasi terkait Pola Replanting agar dilakukan secara bertahap, serta pentingnya normalisasi dari hulu hingga Hilir, dan sampai ke Muara di Sungai Sebukat," tuturnya.

Selain itu dalam mengatasi banjir ini tentu diwacanakan untik relokasi, sebagai solusi terakhir apabila rumah warga itu menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Kemudian selain banjir di Desa Sungai Bengkuang, banjir juga terjadi di Desa Sungai Hijau, Desa Marga Mulya, serta beberapa desa lainnya turut terdampak. Bahkan sejumlah titik ruas jalan di wilayah Pangkalan Banteng, terendam banjir.

Ditambahkannya, selain melihat langsung kondisi banjir, pihaknya bersama rombongan juga memberikan bantuan sosial kepada korban banjir yang sedang mengungsi, sebagai wujud kepedulian sosial.

"Kami ada sedikit memberikan bantuan sosial kepada warga korban banjir. Semoga, bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban mereka dan bisa memberi manfaat," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru