Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyiapan SDM GAP Butuh Dukungan Berbagai Pihak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 Juni 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) kompeten dengan praktik pertanian yang baik atau Good Agriculture Practice (GAP) butuh peran bersama.

“Dalam rangka penyiapan SDM perkebunan yang kompeten, diperlukan dukungan bantuan dari Pemerintah maupun sektor lain,” kata Plt. Kepala Dinas Perkebunan Kalteng, Rizky R. Badjuri melalui Sekretaris Retno Nurhayati Utaminingsih, seperti dikutip dari MMC Kalteng.

Retno mengatakan salah satu upaya untuk mencapai GAP tersebut yaitu melalui pemberdayaan petani. Pemerintah berperan dalam fasilitasi, bimbingan.

Selain itu pemerintah juga berperan dalam pendampingan agar petani pekebun mempunyai akses kepada berbagai kemudahan yang diperlukan dan mampu mewujudkan langkah penerapannya.

Kemudian untuk pengelolaan perkebunan rakyat yang baik membutuhkan tata kelola kelembagaan yang baik pula, dan dibutuhkan SDM yang kompeten, terampil dan bertanggung jawab.

“Dengan adanya dukungan dana kegiatan pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit tahun ini diharapkan kegiatan pengembangan SDM dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan tepat sasaran, tepat mutu, tepat waktu, dan tepat guna,” sebutnya. (HERMAWAN DP/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru