Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ekspor Kerajinan Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Daerah

  • Oleh Nopri
  • 06 Juli 2022 - 08:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Tengah, Ivo Sugianto Sabran mengatakan, hasil ekspor kerajinan dari kabupaten dan kota provinsi setempat dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

"Berdasarkan data dari Bank Indonesia, peningkatan ekonomi di Kalimantan Tengah sebesar 7,52 persen. 80 persennya berasal dari ekspor kerajinan yang berasal dari para pengrajin lokal," katanya, Selasa, 5 Juli 2022.

Dia menjelaskan, Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalimantan Tengah akan terus berkomitmen untuk melakukan pembinaan sampai ke daerah mulai dari mengidentifikasi potensi unggulan yang ada di daerah-daerah.

"Indentifikasi sudah kita lakukan dari tahun lalu, identifikasi kita lakukan secara bertahap di 14 kabupaten kota mulai dari wilayah terdekat. Kita coba untuk melakukan pembinaan dan pelatihan," jelasnya.

Untuk program Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalimantan Tengah ke depannya, akan tetap mengoptimalkan pembinaan dan pelatihan para pengrajin yang ada di kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.


Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kalimantan Tengah juga terus berusaha mempromosikan dan meningkatkan kualitas produk kerajinan dari pengrajin lokal agar mampu bersaing dengan daerah lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah. (NOPRI/B-7)

Berita Terbaru