Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kalteng Minta Pemerintah Buat Kebijakan Tepat Terkait Harga Standar TBS Kelapa Sawit

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Juli 2022 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering meminta kepada pemerintah supaya dapat membuat kebijakan tepat terkait harga standar tandan buah segar (TBS) kelapa sawit.

Hingga saat ini banyak masyarakat khususnya petani sawit yang mengeluhkan harga TBS kelapa sawit yang tidak memenuhi standar, meskipun sudah ditetapkan harga yang semestinya. Namun, hal itu tetap tidak diterapkan.

"Kita harap pemerintah bijaksana dalam menyikapi hal ini agar dapat menerapkan atau membuat standar harga TBS kelapa sawit sebagai rujukan dan standar harga itu juga harus ada kebijakan yang diberlakukan supaya tidak dimainkan," ujarnya, Kamis, 7 Juli 2022.

Dia mengatakan, anjloknya harga TBS kelapa sawit dan banyak pembeli yang menghargai murah sangat merugikan bagi masyarakat petani sawit terutama di Kalteng, sebab hal itu tidak sebanding dengan biaya perawatan kebun kelapa sawit yang dimiliki masyarakat.

Menurutnya di dalam pemasaran TBS kelapa sawit masalah harga salah satu yang sangat penting, mengingat dari harga itu setidaknya petani sawit dapat mengembalikan modal perawatan yang selama ini dilakukan, serta juga dari situ bisa mengembangkan usaha yang digeluti tersebut.

"Apalagi saat ini harga pupuk, pembibitan dan perawatannya cukup tinggi. Jadi, jika harga jauh dari standar yang diinginkan pastinya petani sawit merugi, sehingga perlu ada standar harga yang mampu mengakomodasi konsumen dan petani agar sama-sama menguntungkan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru