Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas TPHP Kalteng Minta Dinas Peternakan Barito Timur Siapkan Data untuk Vaksinasi PMK

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 08 Juli 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan atau TPHP Kalteng, Riza Rahmadi meminta Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur agar menyiapkan data lokasi maupun ternak untuk vaksinasi darurat penyakit mulut dan kuku atau PMK tahap kedua.

Hal tersebut disampaikan Riza saat meninjau Pos Lintas Ternak Taniran untuk mengantisipasi masuknya ternak yang terinfeksi PMK, Jumat, 8 Juli 2022.

"Saya minta teman-teman di Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur untuk memetakan hewan betina produktif baik sapi maupun kerbau untuk dilakukan vaksinasi PMK darurat tahap kedua," ujarnya.

Menurutnya, pada tahap satu tahun 2022 Pemprov Kalteng telah memberikan bantuan 100 dosis vaksin untuk mencegah penularan PMK pada ternak sapi dan kerbau.

"Mudah-mudahan tahap kedua tahun ini juga bisa 500, karena itu harus dipetakan lokasi-lokasi dan ternak yang akan divaksin untuk melindungi sumber bibit ternak sapi dan kerbau kita," kata Riza.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur, Mishael, membenarkan bahwa pada tahap pertama pihaknya telah mendapatkan 100 dosis vaksin dari Dinas TPHP Kalteng.

"Itu dipakai di Luau Jawuk, Taniran dan Karusen Janang. Jadi kami memohon bantuan dari pemerintah provinsi untuk tahap kedua sebanyak 500 dosis," ujarnya.

"Kami juga sudah menyiapkan lokasi dan hewan yang akan divaksinasi maupun personel untuk vaksinasi, kami memiliki 10 personel vaksinasi yang telah dinyatakan lulus," jelas Mishael. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru