Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Minta Pemda Gali Potensi Pertanian di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 11 Juli 2022 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Muhajirin meminta pemda agar dapat menggali potensi pertanian di provinsi ini.  Hal tersebut dalam rangka untuk mewujudkan Kalteng sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal itu tentu tidak hanya bisa mengandalkan daerah-daerah tertentu saja. Sebab di setiap daerah di Kalteng, pastinya memiliki potensi pertanian yang jika dioptimalkan akan berdampak pada pemenuhan kebutuhan daerah maupun nasional.

"Untuk menjadi lumbung pangan daerah maupun nasional, dapat kita wujudkan apabila pembangunan pertanian benar-benar dioptimalkan disetiap daerah yang ada," ujarnya  Senin, 11 Juli 2022.

Dia mengatakan, pihaknya siap dan akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan pemerintah demi untuk mewujudkan Kalteng sebagai salah satu lumbung pangan nasional, terlebih Kalteng merupakan salah satu penyangga IKN Nusantara di Kaltim.

Ia mengakui bahwa, tidak dapat dipungkiri saat ini hanya ada dua daerah yang menjadi lumbung padi bagi Kalteng yakni Pulang Pisau dan Kapuas, bahkan kedua daerah itu dipilih menjadi wilayah pengembangan food estate yang sudah berjalan hingga sekarang.

Akan tetapi, dalam rangka memperkuat sektor pertanian lokal pemerintah hendaknya jangan hanya mengandalkan dua daerah tersebut saja, namun juga seluruh daerah yang ada di provinsi ini, sehingga kedepan sektor pertanian di Bumi Tambun Bungai benar-benar mampu memenuhi kebutuhan daerah dan juga nasional.

"Harapan kita, khususnya Kalteng kedepan tidak lagi bergantung dengan provinsi lain dalam hal memenuhi kebutuhan pangan, akan lebih bagus lagi jika kita bisa menyuplai keluar daerah asalkan setiap potensi itu bisa digali dengan maksimal. Semoga saja, apa yang diinginkan ini dapat diwujudkan," pungkasnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru