Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Keuangan Parpol Disertai Tanggung Jawab

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 12 Juli 2022 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo menekankan kepada partai politik terkait tanggung jawab terkait dana bantuan partai politik.

Apalagi dengan kenaikan besaran nilai dana bantuan partai yang diberikan baik untuk jumlah suara sah di kursi DPRD Provinsi maupun DPRD Kota.

“Saya ingin mengingatkan bahwa kenaikan dan bantuan harus digunakan sebaik-baiknya sesuai peraturan yang berlaku,” ucap Edy saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng di Aula Jayang Tingang, Selasa 12 Juli 2022.

“Harus disertai dengan pertanggungjawaban yang akuntabel, baik itu secara administratif maupun keuangan,” tambah Edy.

Ia menceritakan aturan Permendagri bahwa besaran nilai bantuan keuangan kepada parpol sebelumnya tingkat pusat sebesar Rp1.000 per suara sah, tingkat Provinsi sebesar Rp1.200 per suara sah dan tingkat kabupaten/kota sebesar Rp1.500 per suara sah.

Seiring dengan telah disetujuinya kenaikan nilai bantuan keuangan Partai Politik Kalteng per suara sah oleh Kementerian Dalam Negeri yang dimulai pada tahun ini, kenaikannya mencapai 4 kali lipat menjadi Rp5.000. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru