Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Pulang Pisau Tekankan Perkuat Fungsi Koordinasi

  • Oleh Asprianta
  • 14 Juli 2022 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Tony Harisinta belum lama ini memimpin Rapat Pembentukan Forum Penataan Ruang (FPR) Kabupaten setempat.

Dalam rapat itu, Ia menekankan jajarannya untuk perkuat koordinasi dan kerjasama antar lintas sektor. 

Selain Sekda Pulpis, Rapat yang berpusat diruangan rapat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) itu dihadiri Kadis PUPR, Kepala Kantor BPN Pulpis serta OPD terkait lainnya dengan akademisi profesi terkait penataan ruang dan tokoh masyarakat.

Sekda Pulpis Tony Harisinta menyampaikan, penyelenggaraan penataan ruang itu dengan memadukan berbagai kepentingan yang bersifat lintas sektor, lintas wilayah, dan lintas pemangku kepentingan.

Dalam perpaduan berbagai kepentingan, katanya, tentu diperlukan penguatan fungsi koordinasi sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama antar pemangku kepentingan pada penyelenggaraan penataan ruang.

“Koordinasi ini dilakukan melalui koordinasi dalam satu wilayah administrasi, koordinasi antar daerah, dan koordinasi antar tingkat pemerintah,” ujar Sekda kepada awak media usai kegiatan.

Menurut Sekda, untuk menyerasikan dan mensinergikan perencanaan pelaksanaan serta pengendalian pemanfaatan ruang di Kabupaten Pulang Pisau, maka tadi perlu dilakukan optimalisasi koordinasi dan sinkronisasi antar sektor untuk pelaku pemanfaatan ruang melalui koordinasi penataan ruang daerah.

“Untuk melaksanakan ketentuan pasal 8 ayat (21) Permen ATR/BPN Nomor 15 Tahun 2022 tentang koordinasi penyelenggaraan penataan ruang, maka Pemkab Pulang Pisau perlu menetapkan Keputusan Bupati tentang Forum Penataan Ruang Pemkab setempat,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini momentum penting untuk mengetahui lebih dalam perihal penyelenggaraan penataan ruang Pemkab Pulang Pisau, yakni meliputi tugas, struktur keanggotaan dan pelaksanaan kegiatan FPR.

“Kami berharap seluruh pihak terkait dapat berperan aktif dalam FPR Kabupaten Pulang Pisau,” tutupnya. (ang)

Berita Terbaru