Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ancaman Blokir Google, Facebook, WhatsApp dan Instagram, Ini Kata Diskominfo Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Juli 2022 - 06:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ancaman pemerintah RI terhadap raksasa layanan teknologi informatika yaitu Google, Facebook, WhatsApp dan Instagram yang bakal diblokir pada 20 Juli 2022, lantaran belum melakukan pendaftaran penyelenggara sistem elektronik (PSE), menuai berbagai pro dan kontra dari berbagai pihak di Indonesia.

Walau demikian pihak Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengaku belum mendapat arahan terkait tindaklanjut permenkominfo Nomor 10/2021 tersebut.

Kepala Diskominfo Kobar Rodi Iskandar, Selasa, 19 Juli 2022 mengatakan pihaknya mengetahui adanya Permenkominfo terdebjt dari berbagai berita dan informasi yang beredar.

"Permenkominfo itu memang mengamanatkan penyelenggara media sosial mendaftarkn platform mereka ke PSE. 

Hanya saja pihak Google dan lainnya mungkin juga masih mengkaji kebijakan ini," jelas Kadiskominfo Kobar.

Karena, menurut Kadiskominfo Kobar jika platform mereka diwajibkan mendaftar maka tentu melanggar kebijakan privasi mereka sendiri.

"Sampai dengan saat ini masyarakat juga memberi tanggapan yg beragam tentang Permenkominfo itu. Bahkan ada yang menggalang aksi protes netizen utk menolak aturan ini seperti yang digagas oleh SAFEnet," jelas Kadiskominfo Kobar.

Saat ditanyakan apakah per tanggal 20 Juli 2022 layanan Google, Facebook, WhatsApp, Instagram dan sebagainya bakal diblokir oleh pemerintah bila memang belum melakukan pendaftaran PSE, Kadiskominfo Kobar mengaku pesimis.

"Secara pribadi, saya agak pesimis dengan sanksi yang akan diterapkan itu. Karena kebutuhan kita terhadap platform itu sudah seperti kebutuhan wajib," jelas Kadiskominfo Kobar. 

Bahkan, lanjut Kadiskominfo Kobar, berbagai aplikasi pemerintah seperti Peduli Lindungi bersinergi dengan platform tersebut.

Berita Terbaru