Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Reformasi Birokrasi Perbaharui Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Juli 2022 - 23:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Penerapan reformasi birokrasi dinilai menjadi pembaharuan terhadap penyelenggaraan sistem pemerintahan.

Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Suhaemi mengatakan salah satu aspek yang turut berubah mencakup organisasi, pelaksanaan dan SDM.

“Reformasi Birokrasi adalah upaya pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, dan SDM,” ucapnya saat membacakan sambutan wakil gubernur dalam pembukaan pendampingan reformasi birokrasi seperti dikutip dari MMC Kalteng, Jumat, 22 Juli 2022.

Semua perubahan tersebut dinilai sudah harus menjadi peringatan serius bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk segera melakukan upaya-upaya pembenahan.

Terutama pembenahan pada 8 area perubahan, sebagai indikator penilaian kinerja suatu pemerintahan. Dimulai dengan manajemen perubahan, dan penataan peraturan perundang-undangan.

Kemudian penataan dan penguatan organisasi, penataan tata laksana, penataan sumber daya manusia, penguatan akuntabilitas kinerja, penguatan pengawasan, serta peningkatan kualitas pelayanan publik. (HERMAWAN DP/B-5)

Berita Terbaru