Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pascasarjana ULM Buka 4 Program S3 Selama 2 Tahun

  • Oleh ANTARA
  • 25 Juli 2022 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Banjarmasin - Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dalam dua tahun terakhir mampu membuka empat program doktor atau strata tiga (S3).

"Capaian ini berkat kerja bersama seluruh tim yang solid untuk memajukan pascasarjana agar bisa menyediakan lebih banyak program pendidikan bagi masyarakat yang ingin meraih gelar akademik tertinggi," kata Direktur Pascasarjana ULM iProf Ahmad Suriansyah atau akrab disapa Prof Sur di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Adapun empat S3 baru itu yakni Prodi Doktor Studi Pembangunan, Prodi Doktor Ilmu Lingkungan, Prodi Doktor Hukum dan Prodi Dokter Ilmu Kedokteran.

Sebelum tahun 2020, jumlah Prodi Doktor di ULM yang merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar dan tertua di pulau Kalimantan terakreditasi A hanya satu yaitu Program Doktor Ilmu Pertanian.
 
Saat ini, Prof Sur dan tim sedang pengajuan perizinan tahap akhir untuk Prodi Doktor Ilmu Manajemen yang diharapkan keluar izinnya dalam waktu segera. Sehingga tahun 2022 ini diharapkan ada enam prodi doktor di Pascasarjana ULM.

Kemudian untuk target berikutnya pembukaan
Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dan Prodi Doktor Pendidikan IPS yang kini sedang menyusun pengusulannya ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pada tahun akademik 2022-2023, lebih dari 800 orang diterima sebagai calon mahasiswa baru di Pascasarjana ULM baik program magister maupun doktor.

Sejak berdiri 16 tahun lalu, Pascasarjana ULM telah meluluskan ribuan alumni dengan 30 orang di antaranya bergelar doktor (S3).

Untuk jumlah strata dua (S2) di bawah pengelolaan Pascasarjana ULM saat ini ada 11 program studi, antara lain Program Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Program Magister Ilmu Perikanan, Program Magister Kehutanan, Program Magister Administrasi Pendidikan,dan Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini.

Sedangkan Prodi S2 monodisiplin di bawah pengelolaan fakultas antara lain  Program Magister Agronomi, Program Magister Sosial Ekonomi Pertanian, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Program Magister Teknik Sipil, Program Magister Teknik Kimia, Program Magister Hukum.

ANTARA

Berita Terbaru