Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Terapkan Sistem Keuangan Desa Secara Online Demi Transparansi Anggaran

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 27 Juli 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) resmi meluncurkan aplikasi sistem keuangan desa (Siskeudes). Hal itu dilakukan sebagai langkah untuk terciptanya transparansi anggaran yang dikelola oleh pemerintah desa.

"Ini langkah kami untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, partisipatif, akuntabel dan disiplin anggaran," ujar Bupati Kotim Halikinnor, Rabu, 27 Juli 2022.

Dengan aplikasi tersebut, siapa saja dapat mengakses untuk mengetahui penggunaan anggaran desa. Itu juga merupakan tuntutan di tengah era digitalisasi saat ini. Sehingga, sumber daya manusia (SDM) pemerintahan desa juga semakin berkembang kedepannya.

Penggunaan aplikasi Siskeudes juga dalam rangka memenuhi salah satu indikator penilaian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), bidang pencegahan. Terutama terkait tata kelola keuangan desa. Sehingga, tidak rawan disalahgunakan. Baik atas dasar ketidaktahuan maupun kesengajaan.

"Saya harap ke depan, dengan aplikasi ini laporan keuangan semakin bagus. Dangan penggunaan anggaran lebih tepat sasaran," kata Halikinnor.

Dirinya tidak menampik bahwa saat ini masih banyak desa yang belum bisa menggunakan aplikasi tersebut secara langsung karena terdampak dari jaringan internet.

"Sementara menunggu upaya kami memenuhi ketersediaan internet di desa. Pemerintah desa bisa melakukan penginputan di kecamatan. Karena, seluruh ibu kota kecamatan di daerah ini tidak ada lagi yang blank sport," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru