Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Auditorium Hindu Kaharingan Center dan Balai Basarah Induk Dimulai

  • Oleh Hendri
  • 29 Juli 2022 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pembangunan Auditorium Hindu Kaharingan Center dan Balai Basarah Induk Kaharingan di Kota Palangka Raya, Kalteng resmi dimulai. Pelaksanaan pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi proyek Jalan Tambun Bungai, Jumat, 29 Juli 2022.

Peletakan batu pertama ini dipimpin Sekda Kalteng, H Nuryakin diikuti pejabat Kementerian Agama dan Forkopimda setempat. Dalam pembangunan ini, Pemprov Kalteng menyumbangkan dana sebesar Rp8 miliar untuk pembangunan gedung Hindu Kaharingan Center.

"Semoga dengan pembangunan ini semakin meningkatkan keharmonisan dan memberikan warna keberagaman masyarakat Kalteng khususnya umat Hindu Kaharingan," kata Nuryakin.

Dia berharap, gedung ini nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh umat Hindu Kaharingan serta organisasi yang ada didalamnya. Dengan begitu Sumber Daya Manusia (SDM) Hindu Kaharingan semakin progresif dan saling beriringan membangun Kalteng Bumi Isen Mulang.

Sementara itu, Ketua Panitia pembangunan Arton S Dohong menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah karena telah mendukung kemajuan untuk umat Hindu Kaharingan.

"Di sini ada dua bangunan dengan sumber dana yang berbeda yang dibangun sekaligus. Kalau dari Pemprov Kalteng itu untuk pembangunan auditorium Hindu Kaharingan Center sebesar Rp8 Miliar. Sedangkan Balai Basarah Induk Kaharingan sumbernya dari Kementerian Agama sebesar Rp1 Miliar tahun ini," jelasnya.

Ia berharap, ke depannya, bantuan itu terus berkelanjutan sehingga tahun depan bangunan ini dapat digunakan dengan baik. Pasalnya, anggaran yang tersedia saat ini belum memenuhi 100 persen biaya pembangunan yang seharusnya.

"Bangunan auditorium ini setidaknya memerlukan Rp15 miliar karena ada dua lantai. Lantai satu untuk sekretariat dari semua organisasi Hindu Kaharingan dan lantai atas ruang rapat dan ruang pertemuan acara-acara besar," pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru