Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pendidikan Barito Timur Selenggarakan O2SN Jenjang SMP

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 04 Agustus 2022 - 22:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur mengadakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional atau O2SN jenjang SMP dengan tema "Generasi Sehat, Talenta Hebat", Kamis 4 Agustus 2022. Cabang olahraga yang ditandingkan atau dilombakan yaitu karate putra-putri dan atletik putra-putri.

Kepala Dinas Pendidikan Barito Timur Sabai melalui Kabid SMP Ampiansyah mengatakan pendidikan dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pengembangan prestasi dan karakter peserta didik agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani dan rohani.

"Pengembangan prestasi dan karakter peserta didik yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius, serta memiliki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial. Pendidikan dasar juga menjadi peletak dasar karakter, rasa empati,
simpati, sosial, partisipatif dan kreatif, serta kepedulian peserta didik," jelasnya.

Kedua aspek tersebut harus dikembangkan secara terus-menerus dan berkesinambungan sehingga berdampak signifikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

"O2SN diharapkan akan menumbuh kembangkan bakat dan minat peserta didik yang berbasis penguatan karakter seperti sikap kemandirian, sportivitas serta sikap kompetitif," katanya.

O2SN juga meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi serta menanamkan nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play serta menumbuhkan kembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

Menurut Ampiansyah, O2SN jenjang SMP tahun 2022 merupakan proses seleksi untuk perwakilan sekolah di Kabupaten Barito Timur yang tertuang pada DPA SOPD Dinas Pendidikan Tahun Anggaran 2022.

"Ini merupakan agenda tahunan yang sangat diminati oleh satuan pendidikan terutama sekolah dan pemangku pimpinan di wilayahnya untuk membina peserta didiknya yang memiliki bakat dan minat non akademis agar dapat berpartisipasi pada tingkat propinsi atau nasional," terangnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru