Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAS Katingan Meluap, Ratusan Rumah Terdampak Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Agustus 2022 - 19:11 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Daerah Aliran Sungai atau DAS Katingan di Kabupaten Katingan sejak beberapa hari ini meluap. Akibatnya ratusan rumah warga di Bumi Penyang Hinje Simpei ini terdampak banjir.

Dari informasi yang dikumpulkan borneonews.co.id, Minggu 7 Agustus 2022, DAS Katingan yang meluap itu terjadi di sejumlah wilayah kecamatan. 

Di antaranya Katingan Tengah, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing,  Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang. Di wilayah Kecamatan Katingan Tengah misalnya, sejumlah desa mulai terdampak banjir. 

Yakni Desa Samba Kahayan, Samba Katung, Samba Danum dan Samba Bakumpai. 
Rata-rata ketinggian banjir di wilayah ini hingga sebatas lutut orang dewasa. 

Sementara jumlah rumah warga yang terendam sebanyak 350 unit. Selain rumah warga sejumlah fasilitas umum juga terendam, yakni rumah ibadah 5 unit, TK 1 unit, SD 2 unit, SLTP 1 unit, SLTA 1 unit, kantor desa, balai desa, Pustu, Polindes dan perpustakaan desa.

Sedangkan jumlah kepala keluarga yang terdampak banjir di wilayah ini mencapai 655 KK.  Camat Katingan Tengah, Yobie Sandra membenarkan jika sejumlah desa di daerahnya kembali kebanjiran akibat luapan Sungai Katingan dan Sungai Samba. 

Sementara itu Camat Tasik Payawan, Yansen mengaku jika sejak bebeberapa hari ini kondisi DAS Katingan di wilayahnya meningkat hingga sebagian wilayah kebanjiran, termasuk akses jalan menuju Desa Talingke terputus. 

Akibatnya warga desa setempat sejak beberapa hari ini harus menggunakan jasa penyeberan (getek) untuk melintasi jalan yang teremdam banjir tersebut. (ABDUL GOFUR/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru