Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi VII DPR Dorong Pemerintah Beri Solusi Penambang Kecil

  • Oleh ANTARA
  • 12 Agustus 2022 - 17:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti mendorong pemerintah untuk mencarikan solusi dalam pelaksanaan kegiatan pertambangan, sehingga bagi masyarakat di lapangan tidak terkendala dengan aturan-aturan yang memberatkan khususnya bagi penambang skala kecil.
 
"Jika ada unjuk rasa dari masyarakat yang dipandang mereka adanya ketidakadilan dan lainnya, patut kita perhatikan untuk dicarikan jalan keluar atau solusi terbaik," katanya, Kalteng, Jumat 12 Agustus 2022.
 
Di Palangka Raya, Rabu (10/8/2022) kelompok masyarakat melakukan demonstrasi di DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, dan mendesak agar adanya keadilan serta perhatian dari pemerintah terhadap penambang skala kecil.
 
Pemerintah diminta secepatnya menetapkan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR). Masyarakat yang berusaha di pertambangan skala kecil juga meminta pemda memberikan izin, agar tetap bisa bekerja menyedot atau menambang emas sampai ada solusi nyata sebagai usaha penggantinya.
 
"Ini sebuah aspirasi, saya catat dan akan kami suarakan dalam rapat kerja bersama Kementerian ESDM agar ada solusi, utamanya untuk WPR, karena nyatanya banyak keluhan dari masyarakat," jelasnya.
 
Dyah menyadari setiap wilayah memiliki potensinya masing-masing untuk dikembangkan dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi maupun menopang kehidupan masyarakat, baik pada sektor pertambangan, industri dan lainnya.

"Niatnya pasti bagaimana untuk mengembangkan daerah, tetapi ada peraturan-peraturan yang harus dipatuhi. Namun jika ada aktivitas tidak sesuai aturan, maka pada dasarnya harus ada solusi-nya, jangan sampai kita melakukan sesuatu dengan niat baik namun melanggar peraturan," ujarnya.
 
Sebelumnya Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng Leonard S Ampung mengatakan, pemerintah bersama sejumlah instansi terkait berusaha mencarikan solusi terkait permasalahan itu.
 
"Saat ini peraturan terkait penambang emas skala kecil ini aturannya sedang digodok, sehingga masyarakat disarankan untuk bersabar," tuturnya.

ANTARA

Berita Terbaru