Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Evakuasi Warga Diduga ODGJ

  • Oleh Parlin Tambunan
  • 12 Agustus 2022 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Polsek Pahandut yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Menteng, Aipda Toha mengevakuasi warga diduga mengalami ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) ke Rumah Sakit Kalawa Atei, Desa Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau, Jumat, 12 Agustus 2022.

Menurut Toha, pria diduga ODGJ itu kerap memecahkan perabotan rumah tangga seperti piring dan merusak dinding rumahnya jika kemauannya tidak dituruti. "Sehingga membuat ketakutan anak dan istrinya di rumah," kata Toha.

Untuk itu, kata Toha, setelah ia mendapat laporan langsung menuju ke rumah warga di Jalan G Obos ujung, dibantu petugas Puskesmas Menteng, Dinas Sosial Kota Palangka Raya dan sukarelawan.

Kedatangan petugas ke rumah ODGJ dalam rangka melakukan evakuasi. Mereka juga sedikit mendapat perlawanan karena yang bersangkutan tidak mau dibawa ke Rumah Sakit Kalawa Atei.

"Namun, dengan pendekatan yang persuasif akhirnya bersangkutan mau masuk ke dalam mobil Puskesmas Menteng dan selanjutnya kita bawa ke Rumah Sakit Kalawa Atei, untuk dilakukan pemeriksaan kondisi kejiwaan dan penanganan lebih lanjut," ujar Toha.

Proses evakuasi berjalan lancar. Kehadiran Polri bersama lainnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat atau warga binaanya. (PARLIN TAMBUNAN/B-7)

Berita Terbaru