Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kodim Kuala Kapuas Berikan Latihan Dasar Kepemimpinan Kepada Pelajar

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Agustus 2022 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Kodim 1011 Kuala Kapuas telah memberikan pembekalan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK kepada para pelajar SMP Swasta Katolik Santo Paulus, bertempat di lapangan tembak dekat Asrama Kodim setempat.

Dalam pelatihan tersebut terlihat para peserta antusias mengikuti berbagai materi yang diberikan, baik itu saat materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), kompas, survival, pionir, jaring pendarat, jembatan tali 1 dan rayapan tali 1. 

Dandim 1011 Kuala Kapuas Letkol Kav Ferdiansyah melalui Pasi ops Dim 1011 Kuala Kapuas Kapten Arh Yulius menyampaikan bahwa semua orang adalah pemimpin. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik ada beberapa falsafah yang sering di dengar.

Seperti dari Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo (di depan anggota bisa menjadi panutan) Ing Madyo Mangun Karso (di tengah - tengah anggota bisa memberi atau membangun semangat, niat, maupun kemauan) dan Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan semangat atau dorongan)". 

"Disamping itu juga ada beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin seperti jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, berempati terhadap bawahan secara tulu, dan emiliki rasa ingin tahu serta dapat didekati," katanya, Sabtu 20 Agustus 2022.

Kemudian juga diharapkannya, melalui kegiatan ini peserta dapat menumbuhkan sejak dini sikap transparan, memiliki kecerdasan, cermat dan tangguh, memiliki rasa kehormatan diri dan berdisiplin pribadi dan Memiliki kemampuan berkomunikasi. 

"Dapat selalu semangat team work (kerjasama tim), kreatif, percaya diri, inovatif, dan mobilitas," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH)

Berita Terbaru