Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wilayah Kotim Secara Merata Memiliki Potensi Karhutla

  • Oleh Noor Annisa
  • 23 Agustus 2022 - 22:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan kawasan yang memiliki banyak lahan kosong dan hutan dengan tanah gambut dan semak belukar, sehingga wilayah Kotim secara merata berpotensi terjadi kebakaran.

Plt Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Rihel mengatakan setelah sebelumnya Kotim secara resmi ditetapkan siaga Karhutla selama 60 hari terhitung sejak 19 Agustus hingga 17 Oktober 2022.

Rihel menyebut secara keseluruhan wilayah Kotim rata-rata berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

"Potensi karhutla di Kotim merata dari wilayah utara sampai bagian selatan dan untuk di wilayah tengah di Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang,"jelas Rihel, Selasa, 23 Agustus 2022.

BPBD Kotim mencatat sejak Januari hingga Agustus ditemukan ada 65 titik panas dari karhutla sehingga penetapan status siaga karhutla dilakukan sebagai bentuk pencegahan terjadinya Karhutla.

Sementara itu sebelum berita ini diterbitkan, menurut informasi yang dihimpun oleh Borneonews dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotim pada 22 Agustus pukul 00.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB tidak ditemukan titik panas atau hotspot, namun pada hari sebelumnya ditemukan sekitar 6 titik panas atau hotspot. (NOOR ANNISA/B-6)

Berita Terbaru