Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyaknya Pengangguran Kotim karena Kurangnya Minat Pencari Kerja terhadap Lapangan Pekerjaan

  • Oleh Noor Annisa
  • 26 Agustus 2022 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Jika dilihat dari data statistik yang disampaikan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) angka pengangguran di wilayah ini mencapai 6.767 jiwa.

Kepala Dinas Disnakertrans Kotim Fuad Sidiq melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja Gatut Setyo Otomo menilai kondisi ini terjadi lantaran salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat para pencari kerja dengan lapangan kerja yang tersedia.

"Terbukti dengan banyaknya perusahaan sawit besar (PBS) yang mendatangkan tenaga kerja dari luar daerah, padahal kalau para pencari kerja mau, lapangan pekerjaan di perkebunan sawit bisa menyerap pengangguran yang ada,"ucapanya, Jumat, 26 Agustus 2022.

Namun pihak Disnakertrans tidak bisa memaksakan karena memang para pencari kerja mempunyai kebebasan untuk memilih pekerjaan sesuai dengan minat dan bakatnya.

Pengangguran merupakan masalah yang pokok dalam suatu masyarakat modern, sebagai upaya pihak Disnakertrans selaku leading sektor dalam hal ini mengaku sudah memberikan pelatihan dan beberapa program pemberdayaan kepada masyarakat para pencari kerja, seperti adanya Balai Latihan Kerja (BLK), dengan harapan dapat menurunkan angka pengangguran.

Dia juga menambahkan, di sisi lain banyak pengangguran di Kotim dinilai karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang mampu menyerapnya jika hanya mencari pekerjaan di dalam kota saja.

"Siklus perputaran lowongan kerja sedikit karena kurangnya industri kalo untuk di dalam Kota," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-6)

Berita Terbaru