Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Minta Fungsikan Puskesmas Pembantu di Setiap Daerah di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 30 Agustus 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama di daerah-daerah pelosok sangat diharapkan dan penting untuk diperhatikan.

Misalnya seperti puskesmas pembantu khususnya di Kalteng sendiri masih banyak yang tidak berfungsi. Oleh sebab itu, Legislator Kalteng, Kuwu Senilawati meminta supaya keberadaan puskesmas pembantu agar bisa difungsikan di setiap daerah di Kalteng ini.

"Padahal puskesmas pembantu ini perlu berfungsi disetiap daerah khususnya pelosok untuk melayani masyarakat yang membutuhkan perawatan kesehatan, tapi masih banyak keberadaannya yang tidak berfungsi dengan baik," kata Kuwu, Selasa, 30 Agustus 2022.

Kuwu mencontohkan, seperti halnya di Desa Tumbang Langgah. Saat melaksanakan reses di daerah itu dirinya menerima aspirasi berupa keluhan masyarakat terhadap puskesmas pembantu yang selama ini tidak berfungsi dengan baik atau tidak ada tenaga kesehatan yang bertugas di desa tersebut.

Diungkapkan Kuwu, menurut informasi memang 10 tahun silam ada tenaga kesehatan yang bertugas di desa itu, akan tetapi telah pindah ke daerah lain karena pernah bermasalah dengan salah seorang warga yang mengalami gangguan jiwa dan hingga saat ini belum ada yang menggantikannya.

Sekarang ini, masyarakat disana untuk bisa berkonsultasi terkait masalah kesehatan hanya bisa mengandalkan petugas kesehatan dari desa tetangga yang kerap melakukan pelayanan kesehatan kerumah-rumah warga. Sehingga hal ini patut menjadi perhatian pemerintah.

Menurut Kuwu, agar puskesmas pembantu yang ada di Desa Tumbang Langgah itu bisa berfungsi kembali, ada baiknya tenaga kesehatan yang ditempatkan di daerah tersebut berasal dari putera-puteri desa itu sendiri, sehingga bisa lebih lama menetap dan juga sudah mengetahui seluk beluk kondisi desa itu seperti apa.

"SDM tenaga kesehatan asli dari desa Tumbang Langgah perlu ditempatkan disana, itu akan lebih baik dan tidak mungkin akan mengajukan pindah kedepannya. Saya harap ini bisa menjadi perhatian pemda melalui instansi terkait, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat di desa itu bisa berjalan lancar dan puskesmas pembantu yang ada dapat berfungsi kembali," pungkasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru