Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPP Paju Epat dan Dinas Peternakan Lakukan Pendampingan Kelompok Tani Ternak

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 30 Agustus 2022 - 21:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan setempat melakukan pendampingan terhadap kelompok tani ternak di wilayah kerja BPP selama 2 hari yakni 29-30 Agustus 2022.

Koordinator BPP Paju Epat Lukmanul Chakim mengatakan kegiatan ini dalam rangka vaksinasi penyakit mulut dan kuku atau PMK pada ternak besar seperti sapi di Desa Siong, Desa Telang dan Desa Murutuwu.

Vaksinasi dilakukan oleh Medik Veteriner Muda Dinas Perikanan dan Pertanian Barito Timur, Akhmad Rizaldi  bersama tim dari bidang peternakan.

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengawal identifikasi potensi dan populasi ternak ruminansia besar sapi, kemudian pendataan pertambahan jumlah populasi ternak sapi secara alami (natural increase)," ujarnya, Selasa, 29 Agustus 2022.

Kelompok tani ternak yang melaksanakan vaksinasi berjumlah empat kelompok yaitu Kelompok Tani Maju Bersama, Sumber Makmur, Sabar Subur dan Kelompok Harapan Sejahtera. "Populasi ternak sapi di Kecamatan Paju Epat saat ini yang divaksin berjumlah 38 ekor," ungkapnya.

Lukmanul menambahkan, sebulan ke depan kegiatan vaksinasi akan diulang lagi karena saat kegiatan pendampingan kali ini ada ternak yang dalam kondisi bunting, kurang sehat dan lain-lain.

"Yang paling utama dari pendampingan ini adalah untuk pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku di wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Paju Epat," tandasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru