Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kemenag Kapuas Beri Edukasi Calon Pengantin di KUA Selat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 01 September 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapten Kapuas, Hamidhan membuka sekaligus memberikan materi edukasi dan informasi kepada calon pengantin (catin) pada kegiatan Pusaka Sakinah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Selat.

Hamidhan memberikan apresiasi kepada Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabuapten Kapuas yang sudah menganggarkan kegiatan Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) ini. Ia-pun memberikan dukungan kepada KUA Kecamatan Selat sebagai piloting Pusaka Sakinah.

“Pusaka Sakinah merupakan program Kementerian Agama melalui Dirjen Bimas Islam yang mana isinya memberikan pembinaan, informasi, edukasi kepada masyarakat khususnya catin atau pasangan yang baru menikah tentang rahasia nikah menuju rumah tangga yang damai, harmonis dan sejahtera," katanya, Kamis, 1 September 2022.

Hamidhan menjelasakan kepada peserta Pusaka Sakinah bahwa dalam be rumah tangga perlu adanya manajemen keuangan yang baik, saling pengertian dan percaya merupakan kunci utama dalam be rumah tangga serta membuat skala prioritas kebutuhan yang diperlukan dalam berumah tangga.

“Jangan sampai seperti peribahasa besar pasak daripada tiang artinya besar pengeluaran daripada pemasukan, belilah keperluan prioritas rumah tangga terlibih dahulu, belajarlah menabung dan terakhir aturlah manajemen keuangan sebaik mungkin," pesannya.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Selat Nabchan mengatakan, kegiatan Pusaka Sakinah angkatan II ini merupakan program Kementerian Agama melalui Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam, Tujuannya memberikan pengetahuan, informasi dan pengalaman kepada catin atau pasangan yang baru membangun rumah tangga, karenanya yang menjadi peserta tetunya catin yang ada di wilayah Kota Kuala Kapuas.

“Kegiatan Pusaka Sakinah ini nantinya ada tiga anggkatan, kemarin sudah kita laksanakan yang pertama, dan ini yang kedua, selanjutanya di angkatan ketiga direncanakan pertengahan bulan September," tutur Nabchan. (DODI RIZKIANSYAH/B-7) 

Berita Terbaru