Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Giliran Aparatur Desa di Kecamatan Sebangau Kuala Dapat Penyuluhan Hukum

  • Oleh Asprianta
  • 07 September 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa berkerjasana dengan Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, Tim Saber Pungli dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pulang Pisau melaksanakan penyuluhan hukum di Kecamatan Sebangau Kuala.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Sebangau Kuala belum lama ini dihadiri Kepala Seksi Intelijen Hisria Dinata Surbakti, DPMD yang diwakili oleh Kabag Pemdes, Yanoadi Setiawan, Camat Sebangau Kuala Sugianto, serta Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Sebangau Kuala.

Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi SH.MH melalui Kepala Seksi Intelijen Hisria Dinata Surbakti SH., MH, mengatakan bahwa kegiatan penyuluhan hukum (Luhkum) yang dilaksanakan Kejaksaan Negeri Pulang Pisau bersama DPMD Kabupaten Pulang Pisau dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi Aparatur Desa, bahaya narkoba dan pencegahan Pungli.

Sehingga kata Dinata, kegiatan diharapkan dapat memberikan pemahaman dan dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan DD, penyalahgunaan Narkoba dan pungutan liar atau Pungli dilingkungan Pemerintah Desa.

”Dengan dilaksanakan Penyuluhan Hukum ini diharapkan aparatur desa dapat mengelola anggaran DD dengan transparan dan profesional, bebas dari narkoba dan tidak melalukan pungutan liar atau pungli dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucap pria yang akrab disapa Dinata.

Dalam kegiatan Penyuluhan Hukum para aparatur desa diberikan materi terkait dengan Pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang disampaikan oleh Narasumber Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Yanoadi Setiawan.

Kemudian, Kasi Intelijen Kejari Pulang Pisau Hisria Dinata Surbakti SH, MH menyampaikan materi terkait Peran Kejaksaan dalam Pengawalan dan Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dana Desa, dan dilanjutkan dengan materi Peran Kejaksaan dalam Saber Pungli oleh Jaksa Fungsional Kejari Pulpis Alfonsus Hendriatmo, SH dan Chabib Sholeh, SH menyampaikan materi Anti Narkoba, Wujudkan Generasi Berprestasi Tanpa Narkoba.

"Kami bersama DPMD Pulpis rutin menggelar kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi Aparatur Desa, dan membentengi mereka dari bahaya narkoba dan pencegahan Pungli," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru