Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Harapkan Penyediaan Unit Damkar di Kecamatan Bisa Melalui CSR

  • Oleh Norhasanah
  • 09 September 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara harapkan penyediaan sarana dan prasarana Pemadam Kebakaran (Damkar) diwilayah kecamatan dapat melalui program CSR yang ada di wilayah masing-masing.

Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi mengatakan bahwa penyiapan unit damkar bisa melalui Corporate social responsibility atau CSR perusahaan yang ada diwilayah masing-masing. 

"Dengan kerjasama dengan perusahaan melalui program CSR tentunya akan lebih efektif untuk upaya penanganan musibah kebakaran," ucap Ahmadi, Jumat, 9 September 2022.

Ahmadi menuturkan, bahwa penyediaan unit damkar di setiap kecamatan memang perlu difikirkan, mengingat sangat diperlukan apabila terjadinya kembakaran, sehingga musibah tersebut bisa segera tertanginya dengan cepat.

"Pengadaan unit Damkar diwilayah kecamatan-kecamatan ini memang perlu dipikirkan secara maksimal," ujarnya.

Selain itu, dalam pengadaan unit damkar pihaknya tidak hanya menyediakan saran parasarana saja, namun juga beserta petugas yang disiagakan untuk menerima laporan apabila terjadinya kebakaran, sehingga bisa dilakukan tindakan pemadaman.

"Kalau hanya untuk pengadaan sarana Damkar mungkin bisa, tetapi kita harus menyiapkan petugas yang akan disiagakan bersama dengan unit tersebut," ujarnya. 

Untuk mendukung unit Damkar akan membutuhkan paling tidak sebanyak 10 orang petugas Damkar yang fungsinya untuk disiagakan dengan sistem bergiliran.

"Dengan jumlah 10 orang itu dibagi dalam dua sif saja," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru