Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mengenalkan Konsep Berhitung 1-10 Melalui Media Sederhana kepada Anak Usia Dini

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 14 September 2022 - 16:41 WIB

PENDIDKAN memiliki tujuan yaitu mengembangkan seluruh potensi yang ada pada diri manusia. Salah satu pendidikan awal formal yang dilalui yaitu pendidikan anak usia dini.

Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mengembangkan potensi anak dan mempersiapkan anak untuk pendidikan selanjutnya. Hal ini yang menyebabkab pendidikan usia dini merupakan tahapan paling penting dalam upaya pembinaan dan memberikan rangsangan pendidikan (Aulia & Budiningsih,2021)

Salah satu pembelajaran penting yang dapat diberikan kepada anak usia dini yaitu berhitung, agar pembelajaran berhitung bisa lebih menyenangkan serta anak tidak bosan dan jenuh mengikuti pembelajaran berhitung  maka perlu menggunakan media.

Media yang digunakan adalah bentuk-bentuk miniatur  buah-buahan yang dibuat dari kertas, salah satunya miniatur buah jeruk,sehingga anak akan lebih tertarik dan semangat mengikuti pembelajaran karena bisa belajar berhitung sambil bermain dengan menggunakan miniatur buah jeruk tersebut. 

Dengan melibatkan anak langsung dalam pembuatan miniatur buah jeruk tersebut dapat meningkatkan aspek fisik motorik anak menggunakan jarinya  dalam menggunting, menempel, Meningkatkan Aspek nilai agama dan moral seperti mensyukuri Makhluk hidup ciptaan tuhan yaitu tanaman jeruk, Meningkatkan Aspek sosial emosional kesabaran dan teliti dalam menempel potongan kertas dengan rapi, Meningkatkan aspek  bahasa yaitu memahami peritah yang disampaikan dalam permainan,Meningkatkan aspek kognitif seperti mengenal warna,bentuk, ukuran serta bilangan,dan yang terakhir aspek seni yang menghasil karya seni berupa miniatur buah jeruk.

Alat dan bahan dalam pembuatan miniatur buah jeruk adalah sebagai berikut: kertas warna buffalo warna orange, gunting, bentuk geometri untuk mencetak, pensil/spidol, lem pox, kawat, isolasi warna hijau.
Cara membuatnya:

1. Cetak kertas buffalo bentuk lingkaran sebanyak 5 buah lalu gunting
2. Potong  kawat buat tangkai lalu gulng dengan isolasi hijau
3. Lipat bentuk lingkaran dengan sama sisi
4. Tempelkan masing-masing sisinya sampai membentuk bulat buah jeruk 
5. Selipkan kawatnya disela-sela lingkaran lalu bengkokkan ujung kawat yang keluar  

Cara permainannya adalah :
1. Siapkan miniatur pohon jeruk atau pohon sungguhan
2. Siapkan juga kartu angka yang digulung
3. Perintahkan anak mengambil gulungan dari kartu angka tersebut
4. Lalu anak akan menggantung miniatur buah jeruk pada pohon sesuai dengan angka yang didapatnya
5. Anak akan mengucapkan bilangan sesuai jumlah buah yang digantungnya
Dengan permainan ini diharapkan anak akan senang dan juga mampu mengenal angka dan berhitung.

Penulis 
Rahmawati, S.Pd
Guru TK Negeri Pembina Kuala Pembuang

Berita Terbaru