Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jokowi: Masih Banyak Ruang Gunakan DAU dan Belanja Tak Terduga untuk Tekan Inflasi

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 14 September 2022 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menilai masih banyak ruang untuk menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Belanja Tak Terduga.

Terutama sebagai langkah untuk menekan tingginya inflasi akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ataupun harga bahan pangan.

“Masih ada ruang yang sangat besar untuk menggunakan dana alokasi umum maupun belanja tidak terduga oleh provinsi, kabupaten, maupun kota,” tuturnya saat rapat Koordinasi terkait inflasi di istana negara seperti dikutip dari MMC Kalteng baru baru ini.

Disampaikan Jokowi, alokasi dua persen dari dana transfer umum ini berjumlah sekitar Rp 2,17 triliun. Selain itu terdapat alokasi belanja tidak terduga sebesar Rp16,4 triliun dan baru digunakan Rp 6,5 triliun.

Jokowi mengingatkan pentingnya menjaga harga komoditas pangan utama seperti beras. Pemerintah daerah perlu memanfaatkan komponen belanja tidak terduga untuk melakukan pengendalian.

“Utamanya itu beras sebagai komponen utama. Jadi hati-hati kalau harga beras di daerah, meskipun hanya (naik) Rp 200 atau Rp 500," tekan Jokowi.

Ia meminta itu segera diintervensi karena menyangkut kemiskinan di provinsi, di kabupaten, dan di kota dan hal itu diyakini akan langsung bisa naik angka kemiskinan. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru