Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lima Puluh Kota Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Smile Train Indonesia Gelar Operasi Bibir Sumbing di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 23 September 2022 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Smile Train Indonesia bersama mitra yayasan anugrah sentosa berkolaborasi dengan Pemkab Barito Selatan melaksanakan operasi bibir sumbing gratis  dan langit-langit sumbing di RSUD Jaraga sasameh Buntok, Jumat, 23 September 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-63 Kabupaten Barito Selatan. Selain berkolaborasi dengan Pemkab, juga bersama IWO Provinsi Kalteng, Hipmi, Kalteng, PT Ciliandy Anky Abadi, PT Bank Kalteng Cabang Buntok dan RSUD Jaraga sasameh.

Pekerja sosial Smile Train wilayah Kalteng, Chris Philip Alesandro mengatakan, di Barsel, pihaknya telah mengadakan kegiatan operasi sumbing gratis untuk kedua kalinya.

“Pada peringatan HUT Barsel ke-63, kita sangat bersyukur bisa kembali mengadakan kegiatan baksos operasi gratis bibir sumbing dan sumbing langit-langit di Barito Selatan. Sebelumnya kita juga pernah melaksanakannya pada tahun 2018 lalu,” kata Chris Philip Alesandro.

Ia menyampaikan, tim medis mitra Smile Train Indonesia yang menangani operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit ini adalah tim Yayasan Anugrah Sentosa dari Surabaya, Jawa Timur.

Dokter yang melakukan operasi adalah dokter spesialis bedah plastik. Sebelum melakukan operasi sumbing dan sumbing langit-langit, tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

"Hal itu dilakukan untuk mengetahui apakah pasien memenuhi persyaratan medis untuk menjalankan operasi atau tidak," ucap dia.

Sementara manajemen CAA Group melalui Snr manager Coorp. Affair, Raden Agus Hiramawan mengatakan, baksos operasi bibir sumbing dan langit-langit ini merupakan yang pertama kali berkolaborasi dengan beberapa pihak yang terlibat.

"Baksos operasi bibir sumbing serta langit-langit  secara gratis kepada masyarakat Kalteng, terkhususnya Barsel dan  sekitarnya," kata dia.

Menurut mantan aktivis simbilan lapan ini, kegiatan baksos sempat terhenti selama dua tahun akibat terjadi pandemi Covid-19.

"Tahun ini, kami bisa ikut serta mengadakan baksos lagi dan mendapat dukungan dari Smile Train Indonesia  Yayasan Anugrah Sentosa, PW IWO Kalteng dan HIPMI Kateng dan pemerintah daerah melalui RSUD Jaraga Sasameh Buntok," ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru