Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Desa di Wilayah Blank Spot Diminta Lebih Kreatif

  • Oleh Noor Annisa
  • 26 September 2022 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah desa di wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang masih dalam kawasan blank spot atau belum tersentuh sinyal komunikasi diminta lebih kreatif menghadapi masalah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotim, Multazam dalam rangka memotivasi setiap desa agar lebih berinovasi menghadapi masalah yang terkait dengan sinyal komunikasi, khususnya untuk pemerintah desa, bahwa perlunya interaksi dua arah dari desa dengan pemerintah kabupaten. Contohnya, dalam hal mengupdate data warga yang terdampak banjir.

"Keatifitas itu sebenarnya perlu dalam situasi begini. Banyak desa jaringan 4G-nya itu berada 12 meter di atas tanah dan mereka biasanya menggunakan modem sederhana, mereka naikkan ke atas kemudian di bawah mereka bisa akses 4G," tuturnya, Senin, 26 September 2022.

"Untuk sementara gunakan itu dulu, kecerdasan dalam situasi begini pasti ada, karena berharap hanya dengan pemerintah di atas kemudian menjadi masalah tambahan berikutnya kan rasanya kurang elok," lanjutnya.

Dia mengatakan, desa yang dibuat, dibentuk dan dibiayai tentunya harus ada kreatifitas dan keberanian khususnya untuk kepala desa dalam berinovasi dan pemerintah kabupaten akan membuka ruang untuk itu.

Di sisi lain, lanjutnya, terkait dengan fasilitas jaringan, menara dan lainnya yang merupakan urusan pemerintah pusat maka akan didorong oleh pemerintah kabupaten untuk proses percepatannya.

"Tentunya kita berharap Kementrian Kominfo bisa berperan dalam percepatan proses itu," tutupnya. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru