Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Bekantan Masih Ditemukandi Desa Sungai Undang Seruyan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 30 September 2022 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang – Hingga saat ini, populasi satwa khas Kalimantan, Bekantan (Nasalis larvatus) di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah masih ada. Salah satu wilayah yang memiliki populasi ini adalah  Desa Sungai Undang, Kecamatan Seruyan Hilir.

Spesies endemik yang mendiami hutan bakau (mangrove) itu, terdapat di salah satu area pertambakan milik warga di wilayah desa setempat, bahkan keberadaannya sempat diabadikan warga.

Yusuf, warga Desa  Sungai Undang, sewaktu berada di kawasan pertambakan, sempat mengabadikan kawanan bekantan yang bergelantungan di pepohonan, Kamis, 29 September 2022 sore.

Satwa dilindungi dengan ciri bentuk hidungnya yang unik, sangat mudah dikenal di antara primata lainnya yang ada di sekitar.

“Iya sewaktu kami berada di kawasan tambak, melihat langsung sekawanan bekantan bergelantungan di pohon dan langsung saya abadikan melalui kamera ponsel,“ kaya Yusup, Jumat, 30 September 2022.

 

Menurutnya, ia sangat bersyukur di wilayah desa setempat masih memiliki populasi bekantan, sehingga menjadi tugas bersama kedepan untuk terus melestarikan keberadaannya.

Sementara itu, Kades Sungai Undang Ikhwan Arifin mengajak warganya untuk tetap menjaga kelestarian hutan, sebagai tempat hidup satwa dan salah satunya bekantan.

“Hutan merupakan rumah bagi mereka, kalau  hutan habis maka akan berdampak dan terancam kepunahan bagi satwa yang mendiaminya,”  ungkap ikhwan.

Untuk itu, dia berharap agar seluruh masyarakat peduli untuk bersama sama melestarikan hutan, dengan membatasi diri dalam pembukaan kawasan hutan.

“Mari jaga bersama hutan kita, dengan tetap berikan ruang untuk habitat ini hidup agar terhindar dari ancaman  kepunahan,“ tandasnya. (FAHRUL/B-7)

Berita Terbaru