Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BSU Ringankan Beban Pekerja

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 30 September 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalimantan Tengah (Kalteng), Farid Wajdi mengatakan, pemerintah menyiapkan berbagai program dalam menghadapi inflasi.

Program-program yang dilaksanakan dan berhubungan dengan Dinaskertrans adalah bantuan subsidi upah (BSU) bagi para pekerja. Program tersebut dinilai dapat meringankan beban pekerja. Untuk bantuan lain seperti bantuan sosial, sampai pelatihan berada di instansi lain.

“Kami saat ini hanya berfokus pada BSU,” kata Farid Wajdi beberapa waktu lalu.

Farid mengatakan, dalam pelaksanaan program BSU, pihaknya bersifat koordinatif. BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing wilayah mengusulkan data pekerja penerima bantuan.

Data pekerja dengan upah di bawah Rp3,5 juta disampaikan ke Kementerian Ketenagakerjaan. Jika lolos, akan diinformasikan BPJS Ketenagakerjaan setempat dan penyalurannya pun diatur oleh BPJS di masing-masing wilayah

 

Sebagaimana Peraturan Menteri Ketenagakerjaan, usulan penerima BSU adalah BPJS Ketenagakerjaan, dengan syarat yang bersangkutan adalah tenaga kerja yang menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru