Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPRD Barito Timur: Pancasila Terbukti Jadi Pemersatu Bangsa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 01 Oktober 2022 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Ketua DPRD Barito Timur, Nursulistio mengatakan, Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia sudah terbukti menjadi pemersatu bangsa.

Hal tersebut disampaikannya saat diwawancarai usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu, 1 Oktober 2022.

"Pancasila adalah ideologi yang mengandung banyak nilai-nilai atau hikmah yang terbukti sebagai pemersatu bangsa di dalam kita memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan," ujar Nursulistio.

Karena itu dia mengajak baik masyarakat maupun pemerintah terus membangun dan melanjutkan perjuangan para pahlawan dan pejuang terdahulu dengan mengacu atau berpedoman kepada ideologi Pancasila agar apa yang dicita-citakan oleh para pejuang terdahulu dapat dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi.

"Tentu saja Hari kesaktian Pancasila ini merupakan momen yang bersejarah karena melalui ideologi Pancasila dan serta hikmah dan pemahaman yang terkandung dalam ideologi Pancasila mampu mempersatukan para pejuang terdahulu sehingga keberadaan bangsa Indonesia dapat dipertahankan hingga sekarang," imbuhnya.

Senada, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh menuturkan, nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Pancasila harus menjadi panduan perilaku seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan nilai-nilai Pancasila yang kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari akan menuntun masyarakat Barito Timur kepada kehidupan yang lebih baik sesuai dengan cita-cita para pendahulu," ujarnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Barito Timur dilaksanakan di Aula Rumah Jabatan Bupati Barito Timur dengan dihadiri unsur Forkopimda dan kepala SOPD. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru