Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Optimalkan Penanganan Hoaks melalui Kelompok Informasi Masyarakat

  • Oleh Nopri
  • 07 Oktober 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terus menggencarkan edukasi penanganan berita bohong atau hoaks di dunia virtual.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Agus Siswadi mengatakan, KIM merupakan simpul komunikasi antara pemerintah dan masyarakat yang berperan sebagai penyebar informasi.

"Melalui KIM ini kami harap agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk dapat dengan bijak menggunakan teknologi. KIM juga untuk mengurangi dan menangkal informasi hoaks," katanya, Jumat 7 Oktober 2022.

Dia mengatakan, Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah bersama pemerintah kabupaten dan kota telah membentuk KIM. KIM diarahkan untuk melakukan aktivitas mencari, memfilter, mengelola, dan menyebarkan informasi.

"Tujuan KIM yakni untuk menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, untuk memecahkan masalah," jelasnya.

Dia juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar tetap menggunakan teknologi, terutama media sosial. Masih kurangnya literasi dan pemahaman tentang penggunaan media sosial menjadi faktor utama beredarnya berita hoaks. (NOPRI/B-5)

Berita Terbaru