Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kobar Gelar Rakor Jelang Digelarnya Verifikasi Faktual Parpol

  • Oleh Wahyu Krida
  • 10 Oktober 2022 - 08:45 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang verifikasi faktual partai politik (parpol) yang tidak lolos parlemen dan parpol baru yang bakal menjadi peserta pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Parpol dalam Menghadapi Verifikasi Faktual, Minggu, 9 Oktober 2022 sore.

Ketua KPU Kobar Chaidir mengatakan, verifikasi faktual ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan MK Nomor 55 tahun 2020, yang bakal digelar mulai 15 Oktober - 4 November 2022.

"Pada perwakilan parpol yang mengikuti rakor ini, kami sampaikan teknis pelaksanaan verifikasi faktual. Dalam kegiatan verifikasi tersebut, KPU mencocokkan, meneliti secara langsung setiap nama pendukung untuk seluruh pendukung bakal pasangan calon dengan mengumpulkan para pendukung pada tanggal dan waktu yang sama, atau mendatangani alamat pendukung untuk membuktikan kebenaran dukungan terhadap bakal pasangan calon," jelas Chaidir.

Menurut Chaidir, jelang kegiatan verifikasi faktual, pihaknya meminta agar setiap parpol bisa mulai mempersiapkan berbagai hal yang bakal dicocokkan.

"Di antaranya kesiapan kantor parpol, ada papan namanya, terdapat SK pengurusnya dan tentu juga ada pengurusnya. Kemudian kami juga melakukan verifikasi keanggotaan parpol menggunakan sampel yang diturunkan oleh KPU ke KPU kabupaten/kota," jelas Chaidir.

Ketua DPD Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora) Kobar Heriansyah yang turut serta dalam rakor tersebut mengatakan, pihaknya saat ini sudah siap mengikuti tahapan pemilu yang bakal dilaksanakan yaitu verifikasi faktual.

"Untuk kesiapan menghadapi verifikasi faktual, InsyaAllah kami sudah siap. Kantor kami sudah ada di Jalan Kasan Rejo dan segala kelengkapannya sesuai petunjuk dari KPU juga telah disiapkan. Selain itu, untuk verifikasi keanggotaan partai, kami juga telah siap," jelas Heriansyah. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru