Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Katingan Waspada Penyakit DBD

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Oktober 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Kabupaten Katingan mewaspadai kemungkinan munculnya penyakit demam berdarah dengue atau DBD akibat gigitan nyamuk aedes aegepty pada musim banjir kali ini. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan,  Glorikus menuturkan jika hingga saat ini Kabupaten Katingan aman dari DBD itu. 

"Sampai saat ini wilayah Kabupaten Katingan aman dari penyakit DBD tersebut,  namun demikian seiring curah hujan tinggi dan banjir di sejumlah wilayah kecamatan tentunya warga masyarakat harus wasapada terhadap nyamuk penyebab DBD itu," kata Glorikus,  Selasa, 11 Oktober 2022.

Ia melanjutkan jika penyakit yang berhubungan dengan banjir sampai sekarang di wilayahnya masih dalam tahap aman. 

"Sampai sekarang kami belum dapat laporan mengenai penyakit yang berhubungan dengan banjir seperti DBD,  muntaber atau penyakit kulit lainnya, jadi sampai saat ini dalam kondisi aman dan terkendali, " ujarnya. 

Pihaknya,  sebut Glorikus tetap akan menunggu informasi terbaru terkait kondiai banjir saat ini. 

Glorikus mengimbau masyarakat yang memerlukan layanan kesehatan dipersilahkan mendatangi fasilitas kesehatan baik pustu, puskesmas maupun rumah sakit. 

"Kepada masyarakat kita imbau agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga protokol kesehatan,".

Glorikus menambahkan untuk penanganan kondisi banjir khususnya petugas kesehatan agar selalu berada di tempat tugas khususnya wilayah yang terdampak banjir. 

"Kita sudah mengeluarkan instruksi bagi petugas kesehatan tidak meninggalkan tempat pada kondisi banjir saat ini, dan mengenai distribusi obat-obatan ke puskesmas maupun pustu tidak ada masalah," imbunya. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru