Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda Beri Ruang Khusus untuk Mengembangkan Seni Budaya di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Oktober 2022 - 14:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mendorong pemda supaya dapat memberikan ruang khusus untuk mengembangkan seni budaya agar bisa terus dilestarikan.

Di tengah perkembangan zaman saat ini masyarakat terutama generasi muda kebanyakannya cenderung mengikuti modernisasi atau budaya dari luar, sehingga secara perlahan kesenian tradisional mulai ditinggalkan.

"Apabila diberikan ruang khusus untuk mengembangkan seni budaya ini, maka upaya pelestarian bisa dilakukan. Dan disitu juga harus dapat merangkul generasi muda agar ikut berpartisipasi," ujarnya, Sabtu, 15 Oktober 2022.

Dia menjelaskan, ruang khusus dalam upaya mengembangkan seni budaya ini bisa diberikan diantaranya dengan membangun sanggar seni budaya yang dikelola oleh pemda, pembelajaran pada satuan pendidikan tentang seni budaya, serta memperbanyak event-event bertemakan seni budaya.

Seni budaya di Kalteng ini tergolong cukup banyak dan itu harus dapat dikembangkan dengan maksimal. Oleh karenanya, perhatian pemda perlu lebih ditingkatakan lagi agar seni budaya di Bumi Tambun Bungai tidak hilang begitu saja.

"Kita patut mengapresiasi upaya-upaya yang sudah dilakukan pemda selama ini dalam rangka mengembangkan seni budaya di provinsi ini. Namun, kita berharap agar bisa lebih ditingkatkan lagi seperti memberi ruang khusus dan lain sebagainya. Seni budaya merupakan peninggalan nenek moyang terdahulu, jadi harus terus dilestarikan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru