Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaku Pertunjukan Topeng Monyet di Pangkalan Bun Dibina

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Oktober 2022 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pertunjukan topeng monyet masih kerap dijumpai di Kalimantan Tengah, termasuk di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat dan hal tersebut mendapat sorotan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah.

Minggu, 16 Oktober 2022, di Acara Care Free Day (CFD) Kota Pangkalan Bun, Kepala SKW II Pangkalan Bun Dendi Setiadi, bersama tim melakukan pembinaan terhadap pelaku pertunjukan topeng monyet.

Dendi Setiadi mengatakan pembinaan yang dilakukan kepada pelaku pertunjukan topeng monyet dengan memberikan sosialisasi, peringatan dan membuat surat pernyataan.

"Ada dua orang pelaku yang kita berikan pembinaan dan membuat surat pernyataan, pelaki tidak melakukan kegiatan pertunjukan topeng monyet lagi," kata Dendi Setiadi, Senin, 17 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: S.292/KSDA/KKH/ L KSA.2/4/2018 Tentang Penanganan Kegiatan Topeng Monyet.

Diungkapkannya, dua orang pelaku pertunjukan topeng monyet merupakan warga yang berasal dari luar daerah, yakni dari Cirebon. Dan mereka menyewa topeng monyetnya dari orang di Surabaya.

"Saat kami periksa keduanya merupakan warga dari luar daerah, dan juga yang bersangkutan telah saya geledah tidak ada punya uang untuk makan dan pulang naik kapal. Sehingga kami antar pulang ke terminal menyertakan bantuan saku uang sekedarnya," tuturnya.

Dendi Setiadi berharap pertunjukan topeng monyet tidak ada lagi di Kobar dan Kalimantan Tengah pada umumnya. Sebab, monyet ekor panjang harusnya diperlakukan seperti satwa liar lainnya hidup bebas di alam dan berpasangan. "Semoga kedepan pertunjukan topeng monyet bisa semakin berkurang," pungkasnya. (DANANG/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru