Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Serahkan Hibah Pulihkan Ekonomi UMKM

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Oktober 2022 - 13:31 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyalurkan hibah untuk pengembangan usaha mikro bagi para pelaku UMKM, dalam rangka pemulihan ekonomi daerah pasca melandainya pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan hibah oleh Pj Bupati Anang Dirjo ini didampingi Plt Sekda Juni Gultom, Kepala DisperindagkopUKM Alfan Khusnaini dan Kepala DLH Fitriyana, di halaman Kantor Bupati Kobar, Selasa, 18 Oktober 2022.

Pj Bupati Anang Dirjo mengatakan total bantuan hibah yang diserahkan senilai Rp 461 juta bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID). Bantun hibah ini diberikan kepada kelompok organisasi pemuda, kelompok paguyuban dan kelompok UMKM.

"Ini adalah bentuk kepedulian Pemda Kobar kepada pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 yang melanda selama 2 tahun ini. Pemerintah daerah berupaya membantu melalui program pengembangan usaha mikro kecil menengah," kata Anang Dirjo.

Disebutkannya, adapun bantuan hibah yang diberikan di antaranya alat dan mesin untuk UMKM Unggul Jaya Desa Kumpai Batu Atas sebanyak 9 buah dengan anggaran Rp 74 juta. Peralatan tenda dan alat catering untuk PPKL-JBB sebanyak 18 buah dengan anggaran Rp 196 juta.

Dalam kesempatan yang sama, secara simbolis Pj Bupati Anag Dirjo juga menyerahkan gerobak untuk pedagang di bawah binaan Karang Taruna Sampuraga Bersatu sebanyak 25 buah dengan anggaran Rp 192 juta.

"Dengan adanya bantuan hibah ini masyarakat bisa terbantu dan tertolong dalam rangka menghidupkan kembali usaha mereka. Karena memang UMKM di Kobar ini sangat banyak," jelas Anang Dirjo.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DisperindagkopUKM Kobar Alfan Khusnaini menambahkan perlu adanya intervensi pemda kepada para pelaku UMKM tersebut, agar mampu meraih berbagai peluang usaha dalam bentuk dukungan peningkatan skala usaha.

"Kami harap mereka menggunakan peralatan hibah ini dalam rangka meningkatkan produktivitas, serta memelihara peralatan bantuan yang telah diberikan," kata Alfan.

Di samping itu, pihaknya meminta agar hibah ini dapat dimanfaatkan dengan optimal oleh para pelaku UMKM, guna membantu peningkatan perekonomian pelaku usaha yang nantinya secara tidak langsung berimbas pada peningkatan ekonomi daerah.

"Jangan sia-siakan niat baik pemerintah dalam membantu masyarakat. Masukan dan komunikasi tetap terus dijalin agar bisa jadi bahan evaluasi bagi pemerintah daerah," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru