Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

402 Atlet Sepatu Roda Ikuti Kejurnas di Pariaman

  • Oleh ANTARA
  • 21 Oktober 2022 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pariaman - Sebanyak 402 atlet sepatu roda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti kejuaraan nasional (Kejurnas) sepatu roda tingkat pelajar dan senior yang dilaksanakan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mulai 21 sampai 23 Oktober 2022.

"Kejurnas ini merupakan yang kedua kalinya kami laksanakan dalam tahun ini, sebelumnya kami dilaksanakan Maret 2022," kata Ketua Persatuan Olahraga Sepatu Roda Seluruh Indonesia (Perserosi) yang juga Ketua Pelaksana Teknis Kejurnas Sepatu Roda Terbuka Piala Wali Kota Pariaman, Azral Malvinas, Jumat 21 Oktober 2022.

Pihaknya memang rutin melaksanakan kegiatan Kejurnas sepatu roda karena dapat mendukung konsep wisata olahraga yang diterapkan pemerintah setempat untuk penunjang pariwisata.

Apalagi atlet sepatu roda tersebut didominasi oleh anak-anak yang tentunya ketika ke Pariaman keluarganya juga datang sehingga dapat menambah kunjungan wisatawan. "Jadi mereka bisa bertanding atau berolahraga sambil liburan atau berwisata," katanya.

Ia menyebutkan adapun daerah asal atlet sepatu roda yang mengikuti Kejurnas tersebut yaitu Semarang, Jakarta, Jambi, Riau, Sumatera Utara, dan Palembang sedangkan yang dari Sumbar yakni Pariaman, Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kabupaten Solok Selatan, dan Kabupaten Pasaman Barat.

Ia mengakui terjadinya pengurangan peserta pada Kejurnas kali ini daripada pelaksanaan pada Maret 2022 karena selain faktor harga BBM naik sehingga menyulitkan peserta terkait dana transportasi juga karena banyaknya kejuaraan lain yang dilaksanakan bersamaan.

"Sekarang kan kegiatan sudah diperbolehkan jadi banyak kejuaraan-kejuaraan sepatu roda dilaksanakan," ujarnya.

Ia menyebutkan pada Maret 2022 jumlah peserta pada Kejurnas sepatu roda di Pariaman mencapai 525 atlet namun saat ini hanya 402 atlet atau terjadi pengurangan sekitar 123 atlet.

Namun tahun lalu hadiah uang hanya diberikan kepada peraih medali terbanyak namun sekarang yang mendapatkan medali yang total hadiahnya mencapai Rp76,6 juta.

Asisten II Pemkot Pariaman Elfis Chandra kejuaraan sepatu roda merupakan kegiatan wisata olahraga yang sering dilaksanakan di daerah itu selain dari kegiatan olahraga lainnya. Kegiatan tersebut terus dilakukan evaluasi guna meningkatkan kualitas pelaksanaan.

Ia berharap setiap kegiatan yang dilaksanakan juga hendaknya berdampak baik bagi perkembangan ekonomi masyarakat dan menjadi upaya promosi kepariwisataan Pariaman ke kancah nasional.

ANTARA

Berita Terbaru