Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Asahan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Dorong Pemerataan Penyebaran Nakes di wilayah Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Oktober 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Yeni Maria Marselina Kahta mendorong ada upaya pemerataan penyebaran tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Kalteng yang dilakukan oleh pemda melalui instansi terkait.

Yeni mengungkapkan, di Kalteng sendiri hingga saat ini masih banyak wilayah terutama di puskesmas ataupun pustu yang kekurangan nakes, sehingga diharapkan hal ini agar bisa menjadi fokus pemda untuk memperhatikannya.

"Keberadaan nakes ini sangat penting untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terutama pelosok. Jadi, penyebaran nakes harus diperhatikan dan dilakukan pemerataan hingga wilayah pedalaman," ujarnya, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Srikandi Partai Demokrat ini menjelaskan, kurangnya nakes disebuah fasilitas kesehatan tentu hal tersebut dapat mengganggu pelayanan kepada masyarakat, terlebih lagi bagi daerah yang jauh dari wilayah perkotaan.

Oleh karena itu, pemda supaya bisa memperhatikan atau mendata di wilayah mana saja fasilitas kesehatan yang mengalami kekurangan nakes, sehingga kedepan bisa menempatkan nakes yang tidak ada misalnya dokter gigi, perawat, bidan, dan lain-lain.


"Pemda baik provinsi, kabupaten dan kota harus bisa saling berkoordinasi mengenai pemerataan penyebaran nakes ini, sebab tumpuan utama dalam upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan di daerah itu adanya nakes yang memadai," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru