Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Ini Imbau Masyarakat Tak Sembarangan Beri Obat Pada Anak Ketika Sakit

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Oktober 2022 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Legislator Kalteng, Siti Nafsiah mengimbau kepada masyarakat khususnya di Kalteng agar tidak sembarang memberikan obat terutama sirup kepada anak ketika mengalami sakit.

Ketua Komisi III ini mengatakan, hal itu dilakukan untuk mewaspadai terjadinya penyakit gagal ginjal akut pada anak yang diduga akibat sering mengkonsumsi obat sirup. Dan informasinya juga penyakit itu sudah merenggut nyawa ratusan anak di Indonesia.

"Untuk orang tua yang memiliki anak berusia 6 bulan sampai 18 tahun ketika sakit seperti flu atau batuk hindari pemberian obat sirup maupun resep mandiri, ada baiknya bawa ke fasilitas kesehatan agar bisa mendapatkan resep obat sesuai prosedur," ucapnya, Minggu, 23 Oktober 2022.

Politis Golkar ini mengungkapkan berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), mengenai penyakit gagal ginjal akut ini sangat rentan menyerang anak berusia antara 6 bulan hingga 18 tahun.

Maka dari itu para orang tua supaya senantiasa berhati-hati dalam memberikan obat pada anak. Terlebih lagi Kemenkes RI juga mengeluarkan kebijakan larangan penjualan obat dalam bentuk sirup yang diduga mengandung zat berbahaya.

"Memang pada dasarnya di Kalteng masih belum ada informasi atau ditemukan anak yang mengalami gagal ginjal akut. Hal inilah yang perlu kita waspadai, sekali lagi kami ingatkan selalu berhati-hati ketika memberikan obat pada anak. Kita lebih baik mencegah daripada mengobati," pungkasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru