Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Normalisasi Sungai Bengaris

  • Oleh Ramadani
  • 25 Oktober 2022 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pekerjaan normalisasi Sungai Bengaris yang ada di Kota Muara Teweh.

Kepala Dinas PUPR Barito Utara, M Iman Topik menyebutkan, pekerjaan normalisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat hujan turun dengan intensitas tinggi.  

“Yang kita tangani saat ini adalah normalisasi saluran-saluran pembuang anak sungai Bengaris tepatnya di depan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, samping BPJS Kesehatan hingga muaranya samping dinas DLH terhubung sungai Bengaris,” terang M Iman Topik, Selasa 25 Oktober 2022.

Penanganan, kata dia, dilakukan dengan dua metode yakni melakukan pengerukan dan pendalaman dari muara anak sungai naik ke hulu. Proses tersebut dilakukan dengan menggunakan mini excavator milik BPBD dengan bukaan 4 meter permukaan atas serta penyodetan untuk membentuk aliran air yang lurus.

Selanjutnya, metode kedua yakni dengan cara manual yaitu melakukan pembersihan di sepanjang aliran sungai yang di atas dan sampingnya sudah berdiri bangunan, agar air mengalir lancar.

“Untuk yang samping BPJS kesehatan sampai tembok warga, akan dilebarkan dengan cara penurapan beton,” tuturnya sembari berharap, kedepan, tidak ada lagi banjir akibat air yang meluap dari anak maupun sungai Bengaris itu. (RAMADHANI/B-7) 

Berita Terbaru