Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Terdampak Banjir di Lamandau Mulai Keluhkan Sejumlah Penyakit

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 Oktober 2022 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Sejumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Lamandau mulai mengeluhkan sejumlah penyakit. Paling dominan adalah diare, demam, batuk, pilek, gatal-gatal, sesak napas, pusing dan hipertensi.

Koordinator Tim Kesehatan Satgas Penanganan Bencana Banjir, Puting Beliung dan Tanah Longsor (Batingsor) Kabupaten Lamandau, A'an Firdianto menjelaskan, sebagian besar penyakit yang diderita warga terdampak banjir lantaran kondisi lingkungan.

“Sudah ada 76 warga yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan,” sebut A'an saat ditemui di Posko Batingsor Kabupaten Lamandau, Rabu, 26 Oktober 2022.

Selain karena lingkungan, kata dia, sebagian besar penyakit yang dikeluhkan warga akibat aktivitas berendam di air dengan durasi waktu yang cukup lama. Sebagian karena kelelahan dan istirahat teratur.

“Mungkin ada yang kaget makanya hipertensi, tekanannya naik, ada yang demam karena mungkin kurang tidur dan diare,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Bulik itu menyebut, hingga saat ini persediaan obat untuk penanganan kesehatan bagi warga terdampak banjir masih tercukupi.

“Untuk petugas kesehatan, akan secara bergantian atau sistem shift dalam berjaga,” sebutnya.

Sementara itu, salah satu warga Nurul (37) mengeluhkan pusing dan demam sejak rumahnya terdampak banjir, dan dia mengaku sudah memeriksakan dirinya pada petugas kesehatan yang berjaga.

“Setelah dua minggu mengalami pusing yang berujung demam tapi syukurlah sekarang sudah lebih baik,” ucapnya. (HENDI NURFALAH/B-7)

Berita Terbaru